Lesson Learn Review Proposal PkM Di Bogor

Lesson Learn Review Proposal PkM:

Isu & fokus dampingan yang diusulkan masih sebatas “permukaan” (front tage), tidak ada keberanian mengangkat isu2 krusial yang fundamental & kritis. Kalau pun ada seperti radikalisme, keterjagaan ekosistem, kemiskinan, dll hny dilihat dr perspktif kulit (“sepintas”) dg data yang sangat minim.

Hal itu terlihat dari paparan proposal, dan usulan strategi aksi yang “miskin gagasan”, lemah perspektif, dan analisis sosial kritisnya msh dangkal serta sering tidak sesuai dg fokus pendmpingan.

Sehingga kurang “cermat” dalam menangkap realitas, dan akhirnya dalam menarasikan di paragraf2 proposal terlihat “tidak bernas” , terkesan “klaim” dan tidak didukung argumentasi akademik yang kuat.
Sepertinya para pengaju saat menyusun proposal tidak diawali dg kerja “prelemenary research”, sehingga miskin data, serta sangat miskin pembacaan teori & penelitian terdahulu yang relevan (theores review) sehingga terlihat miskin referensi.
Semoga catatan umum ini bermanfaat untuk dijadikan pembelajaran bagi para pengusul proposal PkM di tahun2 berikutnya. Aamiiin🙏.
Bogor depan Kebun Raya
Royal Hotel

About admin

Check Also

Kecendekiawanan dalam Jurnal Bereputasi: Catatan Tadarus Litapdimas #TL9

Webinar Tadarus Litapdimas #9 kembali digelar. Kali ini Tadarus Litapdimas Seri ke-9 mengusung tema “Kecendekiawanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

go to top