About FKDP Indonesia

Sejarah FKDP; Bermula dari Komunitas “Peneliti Kopertais IV”

Pada tanggal 14-16 Nopember 2015, Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Wilayah IV (Kopertais IV) yang membawahi wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, mengembangkan kapasitas dosen melalui kegiatan Workshop Metodologi Penelitian. Kegiatan ini dikhususkan bagi dosen-dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik, sehingga kepakaran di bidang penelitian dapat semakin baik.

Kegiatan yang digagas ini mendapat sambutan luar biasa, sehingga Kopertais IV hanya dapat memilih 70 dosen dari pendaftar yang ada. Pasca kegiatan tersebut, para peserta memiliki inistaif untuk membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) dalam bentuk workshop metodologi penelitian lanjutan. Walhasil, dengan memanfaatkan media sosial Whatsapp dengan nama grup Peneliti Kopertais IV, kegiatan pertama dari RTL tersebut dapat dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2016, dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang dari 70 Alumni.

Gambar 1. Proses RTL Workshop Metodologi Penelitian Lanjutan

Dalam kegiatan ini difokuskan untuk memperdalam dari rancangan penelitian yang sudah dibuat oleh peserta pada saat agenda Workhsop tahun  2015.  Hasil kegiatan ini terungkap bahwa  berbagai tema penelitian yang diusung oleh peserta sudah memiliki daya tarik dan mengandung crucial issues yang layak untuk diteliti (Baca: Follow up metodologi penelitian perkuat new insight)

Kegiatan RTL ini tidak hanya mendapatkan sambutan positif dari peserta RTL saja, namun banyak dosen PTKIS lainnya yang juga ingin bergabung untuk kegiatan lanjutan yang akan dilaksanankan ini. Usulan ini direspon baik dan dengan memanfaatkan media sosial WA, maka berbagai dosen PTKIS mulai bergabung dalam grup peneliti tersebut.

Semangat untuk belajar penelitian semakin terasa saat berhasil berkumpul kembali dalam kegiatan RTL dalam bentuk Workshop Penelitian Lanjutan pada tanggal 1 Maret 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dari berbagai PTKIS di wilayah Kopertais IV. Agenda ini digunakan untuk meview hasil concept note penelitian yang sudah disusun dan direview bersama-sama. sehingga usulan yang telah dirancang pada kegiatan sebelumnya dapat disempurnakan lagi.

Pada saat yang bersamaan, terdapat trigger dalam bentuk pengumuman program hibah penelitian dan pengabdian oleh Diktis Kemenag RI.  Salah satunya adalah program “Penelitian dan Pengabdian Pemula” yang khusus diikuti oleh dosen PTKIS. Ada rekomendasi yang berhasil diusung dalam kegiatan RTL ini diantaranya pertama, adalah mensukseskan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat, untuk membuat review proposal penelitian internal grup, dan yang kedua adalah menggagas penelitian kolaboratif antar PTKIS.

Rekomendasi pertama untuk mengadakan mereview proposal penelitian secara mandiri sebagai persiapan dalam usulan penelitian dan pengabdian di masyarakat dalam program Diktis berhasil dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2016 dengan memanfaatkan reviewer anggota grup yang ada. Dengan adanya kegiatan reviewer internal grup ini, animo dosen PTKIS Kopertais IV untuk mengusulkan penelitian dan pengabdian dalam program Diktis ini sangat menggembirakan, bahkan melebih dari target yang sudah ditetapkan Kopertais IV itu sendiri. Hal ini juga berdampak dengan semakin bertambahnya anggota grup Whatsapp “Peneliti Kopertais IV.”

Dengan mulai tumbuhnya atmosfir penelitian ini, wacana untuk mewujudkan gagasan “Penelitian Kolaboratif antar PTKIS”, dari dosen PTKIS juga semakin menguat. Ide gagasan kolaboratif ini karena banyak sekali fenomena dalam masyarakat yang masih perlu layak dikaji dengan berbagai pendekatan disiplin keilmuan. Selain itu, gagasan ini juga merupakan satu terobosan penelitian para dosen, sekaligus membangun sinergi antar PTKIS dalam melakukan riset-riset bersama dengan pendekatan berbagai bidang keilmuan.

Launching “Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV”: Mensinergikan Penelitian Dosen antar PTKIS

Walhasil, berbagai tema diskusi yang memperteguh perlunya diadakan penelitian kolaboratif ini disepakati untuk mengadakan dalam sebuah workshop dengan tajuk “Workshop Penelitian Kolaboratif antar PTKIS Kopertais IV” yang berhasil dilaksanakan pada tanggal 21 April 2016 di Gedung SAC UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada momentum itulah, para dosen PTKIS yang tergabung dalam grup peneliti sepakat untuk membangun media komunikasi peneliti dengan nama “Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV.” yang langsung diresmikan oleh Koordinator Kopertias IV, Prof. Dr. H. Abd. A’la, M.Ag.

Pilihan nama ini Forum Komunikasi Dosen Peneliti ini menjadi semangat bersama bagi para dosen untuk dapat belajar dan sharing bersama tentang penelitian bagi dosen PTKIS di wilayah Kopertais IV (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara)

Gambar 2. Peserta Workshop Penelitian Kolaboratif antar PTKIS Foto Bersama dengan Koordinator Kopertais IV

Menuju Fase Mandiri, dari Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Kopertais IV” menjadi “Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Indonesia
Berbagai kegiatan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat melalui FKDP Kopertais IV sejak 2016 – 2019 terus semarak. Para anggota telah memiliki rasa kebersamaan yang kuat.

Pada medio tahun 2019, FKDP Kopertais IV mulai menuju Fase Mandiri menjadi Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Indonesia. Hal ini ditandai dengan mulai membuka diri anggota forum tidak hanya khusus Dosen di wilayah PTKIS Wilayah IV, namun berbagai dosen, baik PTKIS maupun PTU juga mulai bergabung dan diskusi bersama dalam mengembangkan kualitas penelitian dan pengabdian dosen di Indonesia