Peserta FGD FKDP Bawa Pulang Buku Berharga sebagai Oleh-Oleh

Kediri, 18 Mei 2024 – Dalam rangkaian kegiatan Workshop dan Diskusi Kelompok Fokus (FGD) yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti Indonesia (FKDP) di Pesantren At-Taubah, para peserta mendapatkan oleh-oleh istimewa berupa dua buku berharga yang berkaitan dengan tema pengabdian masyarakat dan budaya.

Para peserta FGD yang membahas persiapan dan strategi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi antar perguruan tinggi, diberikan dua buku yaitu “Riset Pengabdian Masyarakat Berbasis Participatory Action Research (PAR)” karya Miksan Ansori dan “Singosari: Kumpulan Cerpen” karya Moh. Irwanan Jauhari, yang dieditori oleh Dwi Angguru H.

Buku pertama, “Riset Pengabdian Masyarakat Berbasis Participatory Action Research (PAR)”, merupakan panduan komprehensif bagi dosen dan peneliti dalam melaksanakan riset yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. Buku ini menjelaskan berbagai metodologi dan pendekatan dalam PAR yang dapat diterapkan dalam program pengabdian masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan dampak positif dari program tersebut.

Buku kedua, “Singosari: Kumpulan Cerpen”, adalah kumpulan cerita pendek yang mengangkat kisah-kisah berlatar belakang budaya dan sejarah Singosari, sebuah kerajaan besar di masa lalu yang terletak di Jawa Timur. Buku ini tidak hanya menyajikan cerita-cerita menarik, tetapi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya dan sejarah yang dapat memperkaya pengetahuan serta wawasan para pembacanya.

Para peserta FGD FKDP mengaku senang dan antusias menerima oleh-oleh buku-buku tersebut. Mereka berharap, materi dalam buku “Riset Pengabdian Masyarakat Berbasis Participatory Action Research (PAR)” dapat langsung diaplikasikan dalam proposal KKN yang sedang disusun. Sementara itu, “Singosari: Kumpulan Cerpen” diharapkan dapat menambah inspirasi dan pemahaman budaya, yang juga bisa diapresiasi dalam kegiatan KKN.

Kegiatan FGD ini tidak hanya memperkuat kolaborasi antar perguruan tinggi dalam melaksanakan KKN, tetapi juga memperkaya wawasan dan pengetahuan para peserta melalui pemberian buku-buku berharga tersebut. FKDP berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan kontribusi akademisi dalam pengabdian kepada masyarakat.

About FKDP Kopertais

Check Also

Perkuat Triple Helix di Pasuruan, ITSNU STAIS Pasuruan Bentuk Beragam Pusat Kajian Riset dan Abdimas

Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *