Tantangan dan Solusi Bagi Dosen untuk Publish di Jurnal Internasional Bereputasi

Agenda Webinar Nasional dengan Tema Penguatan Dosen dalam Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi yang telah digelar hari ini diselenggarakan oleh PPS PIAUD Indonesia Wilayah Jawa Timur berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP) Indonesia dan Program Studi PIAUD STAI Miftahul Ula Nglawak Kertosono Nganjuk.

Dengan menghadirkan nara sumber: (1) Dr. Lukman selaku Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan IntelektualĀ  Kemenristek/BRIN; (2) Dr. Ismail Suardi Wekke; TOP 50 Authors se-Indonesia versi Sinta Ristekbrin dan Dosen STAIN Sorong; (3) Barid Nizaruddin Wajdi, MA; TOP 500 Authors se-Indonesia versi Sinta Ristekbrin, Dosen STAIM Kertosono Nganjuk dan Pengurus FKDP Indonesia; dengan moderator Ainna Amalia FN, M.Psi.

Dr. Sigit Purnama, M.Pd, selaku Ketua Umum PPS PIAUD Indonesia menyampaikan bahwa agenda ini adalah salah usaha untuk meningkatkan kualitas Dosen PIAUD di Indonesia melalui publikasi karya terbaik mereka di Jurnal Internasional Bereputasi. Oleh karena itu, maka kehadiran para nara sumber di atas diharapkan mampu memberikan solusi untuk mengatasi problem para dosen tentang kesulitan publish di jurnal internasional bereputasi.

Sessi materi, Dalam paparannya, Dr. Lukman mempresentasikan tentang perkembangan karya Ilmiah di Indonesia, tantangan dan peluang dalam publikasi Internasional, serta berbagai tips bagaimana dosen mampu dalam mempublikasikan hasil karya ilmiah untuk publish di jurnal internasional bereputasi. Dalam sessi presentasi, Dr. Ismail Suardi Wekke juga memberikan tips sukses ala perpspektif timur bagaimana author mampu mengembangkan karya ilmiahnya untuk publish di jurnal internasional bereputasi dan barokah. Sedangkan Barid Nizaruddin Wajdi, MA menyajikan solusi mengatasi persoalan-persoalan yang sering dihadapi para dosen serta langkah-langkah teknis submit di jurnal internasional bereputasi Internasional.

Kegiatan yang diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Livestreaming Youtube ini telah diikuti 454 dari berbagai Perguruan Tinggi Indonesia. Sejak jam 13.00, mereka telah menyimak dengan seksama satu-persatu paparan dari nara sumber.

Semua materi kegiatan tersbut didokumentasikan secara online dan bisa diakses secara terbuka. Berikut link hasil video, list peserta dan materi Webinar Nasional.

Video Webinar (Youtube): https://www.youtube.com/watch?v=1TzpdoR3uCE&t=594s

List Peserta dan Materi: http://fkdp.or.id/download/

About admin

Check Also

Jagongan nDesa: Pintu Sinergi PT – Desa dalam Menggali Potensi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup

Pengembangan beragam potensi Desa membutuhkan sinergi multi pihak. Gagasan inilah yang akan diusung oleh Moh. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *