Jagongan nDesa: Pintu Sinergi PT – Desa dalam Menggali Potensi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup

Pengembangan beragam potensi Desa membutuhkan sinergi multi pihak. Gagasan inilah yang akan diusung oleh Moh. Irmawan Jauhari dan Adib Dian Mahmudi melalui Agenda yang bertema Jagongan nDesa: Menulis Pengalaman dan Menggali Potensi untuk Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup.

Agenda yang dikemas secara sederhana di Halaman Mushollah Baitul A’la Pandan Kidul Surowono Kediri pada tanggal 30 Juni 2020 ini merupakan dalam membangun membangun jejaring antara dosen dengan Komunitas Petani dan Lingkungan Hidup di kawasan Pare Kediri.

..forum itu sudah lama berdiri,mereka melakukan beberapa kegiatan…kalau nanti ada sinergi dengan kampus terdekat, bisa IAIFA, Hasanudin (STAI Hasanuddin Pare – Red), atau yg lain, malah tambah bagus…ibarate ini sudah ada nasi, mau dibuat nasi goreng, nasi bakar, atau ditambah sayur lodeh, silahkan…mari berkolaborasi…dan nanti mari kita dampingi itu adik2 pemuda desa yg berkarya sampai benar2 mereka berkata, “ini adalah hasil usaha kami.”

Moh. Irmawan Jauhari

Agenda ini juga menjadi bentuk tindak lanjut dari Diskusi ringan di WhatsAPP Grup FKDP dalam membangun Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat Desa..

…ini kan sebenarnya menyambung diskusi kemarin hari langkah2 sinergi PT dengan masyarakat desa… apalagi pemuda desa tsb ingin berkontribusi dlm webinar kemendes…siapa tau nanti ada pemberdayaan yg bisa dikembangkan..menjadi desa wisata perikanan, paket wisata budaya (candi) dan perikanan, atau lain sebagainya…tentunya ini membutuhkan banyak pihak untuk joint disini…dr sisi akademik, stakeholder lokal, pemangku kebijakan, swasta,dll…

Moh. Irmawan Jauhari

Oleh karena itu, Jagongan nDesa ini diharapkan mampu menjadi pintu masuk membangun sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Komunitas Desa dalam menggali segala potensi desa yang dimiliki untuk mewujudkan desa yang berdaulat dalam bidang Pangan dan Lingkungan Hidup.

About admin

Check Also

Ingin Panen Padi Melimpah, atau Ingin Tahu Kiat Pengolahan Daun Kelor? Yuk Gabung di Tadarus Litapdimas#TL10 bertema Best Practice Inovasi Pengabdian kepada Masyarakat

Lahan 1 hektar bisa menghasilkan 8 ton padi. Inilah salah satu temuan karya pengabdian masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

go to top